Langsung ke konten utama

Mahasiswa Baru Harus Punya Ini



Mahasiswa Baru Harus Punya Ini 

Selamat untuk teman teman pembaca yang sudah menapaki tahap baru di dunia pendidikan yaitu jenjang perguruan tinggi. Teman teman  yang kebetulan diterima di kampus luar kota tempat teman teman tinggal pasti sering ya kebingungan harus tinggal dimana, bergaul dengan siapa, dan apa saja yang harus dibeli, naaah disini vindi bakal sharing tentang apa aja yang harus teman teman persiapkan dan punya ketika jadi mahsiswa baru dari luar kota.

1.       Persiapan lahir batin
Temen temen pasti sudah tau kalau hidup di perantauan akan menuntut kita untuk mandiri. Nah buat teman teman yang selama ini masih sangat bergantung kepada orang tua untuk mengurus segala sesuatu biasakan dari sekarang untuk lebih mandiri. Contoh kecilnya jika teman teman terbiasa dibangunkan orang tua saat pagi hari maka biasakan untuk bangun sendiri dengan setel alarm maupun cara lain agar teman teman tidak bergantung pada orang tua untuk bangun pagi. Persiapan batin juga harus dilatih nih terutama buat temen temen yang jarang pisah dengan rumah dan keluarga. Teman teman bakal merasakan yang namanya homesick yaitu perasaaan yang sangat sangat rindu suasana rumah, dan kangen kehangatan keluarga yang biasa teman teman dapatkan. Homesick akan membuat teman teman menjadi nggak betah, tidak munkinkan bahwa kita harus keluar dari perguruan tinggi karena kita nggak betah?, untuk mengatasi homesick teman teman bisa menyibukkan diri dengan melakukan kegiatan positif yang membuat waktu teman teman tidak terpakai untuk sendirian dan melamun.

2.       Hunian
Bagi perguruan tinggi yang tidak menyediakan fasilitas asrama maka wajib hukumnya bagi teman teman untuk survey kosan sebelum teman teman menempatinya, pilih kosan yang sesuai budget, aman, dan nyaman bagi teman teman. Perhatikan juga bahwa apakah kosan tersebut terpisah antara putra dan putri. Karena ada beberapa kosan yang memang campur antara putra dan putri. Jangan mudah percaya pada orang sebelum melihat langsung kosan, usahakan bertemu langsung dengan pemilik calon tempat tinggal. Jika teman teman mempunyai kenalan dari daerah yang sama maka usahakan untuk satu kosan yang sama, karena itu akan membuat teman teman mudah untuk berkomunikasi atau minta tolong.

3.       Peralatan dan perlengkapan mahasiswa
Peralatan sehari hari yang harus teman teman bawa dari rumah cukup peralatan primer yang kira kira tidak bisa dibeli ditempat baru. Perlengkapan primer seperti baju cukup bawa beberapa pasang yang paling sering teman teman gunakan. Untuk perlengkapan kuliah seperti buku buku maupun alat pendukung lainya sebaiknya teman teman bertanya dulu kepada kakak tingkat yang se jurusan dengan teman teman, misalnya apakah perlu membelu buku a atau bisa pinjam saja. Selain agar menghemat biaya juga agar perlengkapan kuliah teman teman benar benar bermanfaat.

4.       Organisasi dan pergaulan
Kurang lengkap rasanya kalau selama kuliah teman teman tidak terlibat dalam organisasi maupun kepanitiaan. Diluar kelas, organisasi merupakan rumah kedua bagi teman teman, so jangan ragu untuk gabung dengan organisasi mahasiswa. Penting banget buat teman teman untuk bergabung dengan organisasi. Karena didalamnya teman teman akan banyak belajar tentang tanggung jawab dan manajemen waktu. Yang akan bermanfaat sekali untuk pekerjaan teman teman nanti. Pilih organisasi yang teman teman suka dan mengasah kemampuan misalnya unit kegiatan mahasiswa (UKM) jurnalis, dakwah, badminton, bela diri atau yang lainya.
Oleh : Vindi Kusuma Putri Arifin





Komentar